Insomnia bisa terjadi oleh siapa saja, baik tua ataupun muda. Tetapi, makin lanjut usia seorang rata-rata akan makin mudah terkena insomnia. Insomnia sendiri sesungguhnya tidaklah merupakan suatu penyakit, tetapi kehadirannya mesti tetap kita tangani lantaran penyebab insomnia bila tidak segera ditangani dapat mengakibatkan terjadinya masalah psikis serta biologis lain seperti masalah memori, masalah emosi, depresi, masalah kekhawatiran serta paranoid, halusinasi, sampai penambahan kemungkinan serangan jantung.

penyebab insomnia

Insomnia (ganggun tidur) yaitu salah satu masalah tidur di mana penderitanya mempunyai kualitas tidur yang sangatlah kurang lantaran mempunyai ada masalah untuk mengawali tidur atau menjaga tidur dalam jam normal. Adanya gangguan tidur yang telah diderita, dapat berdampak buruk pada efektifitas kinerja pada hari esok. Beberapa orang menyatakan penyebab insomnia sangat beragam. Dari mulai masalah psikologis, kondisi badan yang kurang sehat, serta engaruh lingkungan yang dapat menjadikan Anda susah tidur. Berikut ini merupakan penyebab insomnia, baik karena faktor medis dan faktor psikologis yang sering terjadi.

  1. Faktor medis
  • Aspek umur. Riset tunjukkan bahwa sesorang yang telah berumur lanjut lebih memiliki resiko terserang insomnia dari pada yang masih tetap muda.
  • Hormon yang di produksi pada wanita hamil serta menstruasi.
  • Permasalahan dengan jet lag (mabuk hawa).
  • Rusaknya otak seperti stroke atau alzheimer.
  • Aspek genetik (bawaan lahir), walau sangatlah tidak sering berlangsung.
  • Dampak dari kebiasaan mengkonsumsi pemakaian obat, soda, narkoba, alkohol, ataukafein.

  1. Aspek Psikologis
  • Ganguan mental seperti masalah kegelisahan, tidak tenang, selalu was-was dan masalah keperibadian (bipolar).
  • Beban pikiran, seperti ketakutan, paranoid, stres, depresi, desakan mental serta emosional.
  • Ketakutan yang disebabkan adanya masalah pada fase tidur, REM ( Rapid Eye Movement) seperti mimpi jelek dan tindihan.

Selain faktor-faktor yang tertera diatas, insomnia dapat juga dipengaruhi karena pola tidur yang tidak tertatur. Bagi Anda yang bekerja pada malam hari, pastilah jam istirahat yang seharusnya Anda gunakan untuk tidur malah sebaliknya Anda gunakan untuk bekrja yang dapat memnyababkan Anda terkena insomnia. Masalah insomnia bila tidak segera ditangani dapat menjadikan badan Anda terkena beberapa penyakit kronis. Setelah Anda mengetahui penyebab insomnia, maka seharusnya Anda melakukan pencegahan dengan cara meminimalisir penyebab insomnia. Dan jika belum juga teratasi maka segeralah ke Dokter untuk berkonsultasi.

Anda Sering Insomnia ? Berikut Penyebab Insomnia yang Harus Anda Waspadai