liontin batu giok
liontin giok

Bagi para penggemar batu giok, giok sendiri dapat diibaratka sebagai bagaikan pohon yang hidup. Jalinan di antara batu dan penggunanya bisa menyatu dengan sempurna, yang mana akan membuahkan khasiat dan manfaat yang istimewa. Salah satu khasiatnya yaitu untuk kesehatan.

Batu giok asli dipercaya mampu menjadi penyelamat bagi penggunanya dari kecelakaan serta marabahaya. Mitosnya, ketika pengguna mengalami kecelakaan seperti patah tulang dengan membawa serta gioknya, bukanlah tulang si pengguna yang patah melainkan giok yang dibawa itu yang akan pecah. Di China, batu giok dibawa hingga ke akhir liang lahat lantaran mereka yakin akan adanya reinkarnasi atau kehidupan yang ke-2. Batu giok juga dijadikan lambang untuk istana-istana disana. Para pejabat tinggi kerajaan memakainya  sebagai syarat status serta kedudukan sosialnya. Konon jika batu giok berubah warna dari hijau muda menjadi lebih tua, hal ini menandakan adanya keberuntungan bagi si pengguna.

Berdasarkan kwalitas dan mutunya, batu giok dikelompokkan menjadi tiga, yakni tinggi, sedang, dan rendah. Bila saat ini Anda telah mempunyai giok atau Anda berniat membeli yang baru, ada baiknya bila Anda mulai belajar memastikan keasliannya.

Berikut adalah langkah simpel dan cepat dalam mengidentifikasi keaslian batu giok.

Cara 1 : Mengenal Batu Giok Lebih Dekat

Anda bisa mulai dengan meihat serat batu giok. Caranya adalah dengan menyinari batu giok pada sinar yang terang. Anda akan melihat beberapa guratan seperti serat, bulu-bulu halus, granular, dan semacamnya.

Cara 2 : Lakukan Tes-Tes Ringan

Lemparkan batu giok ke atas lalu tangkap kembali. Batu giok yang asli mempunyai kepadatan yang begitu tinggi, sehingga batu giok akan terasa lebih berat dari kelihatannya. Tes ini tentu tidak begitu akurat tapi cukup efisien sebagai langkah awal identifikasi. Langkah tradisional lainnya yaitu dengan mengetukkan dua buah batu giok. Jika suara yang keluar terdegar seperti plastik ada kemungkinan giok tersebut palsu. Bisa juga dibuktikan dengan mengetukkan batu giok dengan batu giok lain yang sudah terbukti keasliannya. Bila terdengar suara resonan yang lebih dalam, peluang batu giok ini asli lebih besar.

Cara 3 : Dibakar

Membakar adalah salah satu cara membedakan batu giok asli dan tiruan. Jika saat dibakar, batu tetap dingin berarti, batu giok tersebut dapat dipastikan asli. Sebaliknya, jika giok menjadi panas setelah dibakar, bisa dikatakan bahwa giok tersebut kemungkinan besar palsu atau imitasi.

GRADE A, B, C
Batu giok grade A, B, C

Seringkali kita orang awan tidak mampu membedakan mana batu giok yang termasuk dalam Grade A, Grade B, ataupun Grade C. Padahal perbedaan Grade ini akan sangat menentukan kwalitas dari masing-masing batu giok. Nah, berikut ini adalah ulasan sederhana mengenai perbedaan batu giok dari Grade A, B, sampai C.

Giok Grade A

Cobalah ketukkan batu giok itu dengan pemukul yang terbuat dari kaca atau kristal, atau dengan gelang giok yang lain. Jika batu giok mengeluarkan bunyi berdenting tinggi seperti gelas kaca, kemungkinan giok ini termasuk giok grade A. Giok grade A tidak melalui treatment apa pun. Baik pewarnaan serta penguatan susunan batu semua menggunakan teknologi gemologi laboratorium.

Giok Grade B

Caranya sama saja. Hanya, bunyi dentingannya tak setinggi batu giok grade A. Giok grade B sudah melalui proses rendaman dalam larutan asam pekat (strong acid), direndam dalam epoxy resin yang digabung dengan pengeras, lalu berlanjut ke sistem heating. Treatment ini mempunyai tujuan untuk melakukan perbaikan warna serta trasnparansi batu giok itu sendiri. Sedikit kelemahannya adalah tekstur dan ketahanan alaminya mengalami penurunan, sehingga akan mempengaruhi kwalitas dari batu giok. Umumnya warna giok grade B dimaksud “Natural Colour Jade”.

Giok Grade C

Nada denting batu giok Grade C adalah yang paling rendah diantara kedua batu giok diatas. Yang begitu mencolok dari grade C ini yaitu warna batu giok tidaklah terlalu segar, karena treatment dyeing atau pewarnaannya membuahkan warna yang kurang alami.

Rahasia Para Leluhur Tentang Batu Giok Asli