mengatasi demam panggungSebelum saya memberikan tips mengatasi demam panggung, maka Anda perlu tahu apa itu demam panggung dan apa saja gejala yang sering muncul. Demam panggung yakni suatu rasa khawatir, takut, dan fobia yang kebanyakan berhubungan dengan penampilan saat di depan kamera atau di depan khalayak ramai. Bentuk ketakutan ini muncul saat menyertai atau sebelum Anda tampil di depan umum. Biasanya orang yang rentan terkena demam panggung seperti pembawa acara, presenter, pemberi kata sambutan, penyanyi, artis, dan lain sebagainya.

Gejala Demam Panggung

Jantung berdetak kencang

Telapak tangan dan kaki berkeringat

Perasaan yang tidak tenang atau was-was

Kurang fokus denagn hal yang ada di depan

Adanya keinginan untuk buang air kecil terus-menerus

Wajah terlihat merah atau pucat

Tangan dan kaki terasa gemetaran

Mulut terasa kering

Biasanya orang yang sedang demam panggung adalah mereka yang kurang memiliki pengalaman dan keberanian. Dalam situasi tersebut, yang menyebabkan masalah sebenarnya karena Anda belum bisa mengontrol ketakutan pada diri Anda. Perasaan-perasaan yang kurang mantab atau tidak sesuai dengan harapan penonton menjadi penyebab utama yang menyebabkan demam panggung. Dalam mengatasi demam panggung, ada lebih baiknya yang utama Anda harus dapat menghilangkan rasa takut. Seperti yang dilakukan oleh banyak orang sebelum tampil, kebiasaan-kebiasaan berikut akan membantu Anda mengatasi demam panggung:

Latihan Sebelum Anda Tampil

Dalam beberapa pementasan atau sebuah acara yang menghadirkan banyak penonton, melakukan latihan atau (jiar) adalah hal yang wajib dan sangat disarankan. Dengan melakukan latihan sebelum tampil, akan mengurangi demam panggung karena sebelumnya Anda sudah latihan dalam menguasai panggung.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan Maksimal

Anda harus yakin denagn kemampuan yang Anda miliki sebelum Anda mempertunjukkannya dihadapan khalayak umum. Dengan keyakinan dan keahlian yang sudah Anda miliki, Anda hanya perlu meningkatkan rasa percaya diri hingga maksimal.

Atur Pernapasan Anda

Ambil posisi yang nyaman dan atur pernapasan Anda selama beberapa detik. Biarkan rasa tenang merasuk dalam pikiran Anda, sehingga Anda dapat fokus. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang sebelum tampil untuk menghilangkan hal-hal negatif dalam pikiran.

Tersenyumlah Kepada Semua Orang di Sekitar Anda

Bila Anda dapat tersenyum pada semau orang yang Anda temui sebelum tampil, maka rasa senang dan nyaman dapat tumbuh dalam diri Anda. Selain itu, tersenyum data meningkatkan rasa nyaman dan menghindarkan Anda dari perasaan tegang. Anda akan merasakan suasana yang lebih baik bila dibandingkan Anda tidak tersenyum sebelumnya.

Rajin Meditasi

Memang sudah banyak manfaat yang terbukti setelah Anda bermeditasi. Selain dapat bermanfaat bagi tubuh fisik Anda akan bertambah segar, kondisi psikis juga akan merasa tenang. Meditasi juga merupakan terapi mengatasi demam panggung yang berdampak baik dalam jangka waktu panjang Lakukan meditasi pada waktu pagi setelah Anda bangun tidurdapat memulihkan energi yang akan Anda gunakan dalam beraktivitas. Juga sebelum tidur Anda bisa bermeditasi agar hal-hal negatif yang mengganggu Anda selama sehari dapat ternetralisir dan perasaan akan membaik.

Sosok Idola Anda

Selain mengidolakannya, Anda pastinya sangat termotivasi dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Anda dapat mencontoh perilaku atau kehebatannya. Dengan motivasi dari idola Anda tersebut, bukan hal yang tidak mungkin Anda berpeluang sama hebatnya dengan idola Anda. Sehingga saat Anda berhadapan pada situasi apa pun, Anda telah siap dan berani.

Inilah Tips Mengatasi Demam Panggung yang Paling Ampuh