ejakulasi diniSebelum Anda perlu mengetahui apa saja penyebab ejakulasi dini, maka Anda terlebih dahulu mengeti tentang arti ejakulasi dini. Istilah “Ejakulasi Dini” berasal dari dua kata, yaitu “Ejakulasi” yang artinya pengeluaran sperma dari penis. Dan kata “Dini” yang artinya terlalu cepat atau sebelum waktunya. Jadi ejakulasi dini adalah pengeluaran sperma yang terlalu cepat atau sebelum waktunya. Anda dikatakan mengalami ejakulasi dini apabila Anda sudah mengeluarkan sperma padahal Anda belum menghendakinya atau sebelum pasangan Anda puas.

Dalam sebuah Studi menyatakan bahwa yang digunakan sebagai patokan bukanlah berapa lama Anda mampu menahan keluarnya sperma. Melainkan seberapa puas Anda dan pasangan Anda. Meskipun hanya dalam waktu 5 menit saja, asalkan Anda dan pasangan Anda bisa terpuaskan dalam waktu 5 menit saja, maka Anda bisa dikatakan normal. Disisi lain, apabila Anda mampu bertahan selama 20 menit, akan tetapi pasangan Anda belum terpuaskan (belum mengalami orgasme) maka Anda bisa dibilang mengalami ejakulasi dini. Untuk itu, sebelum Anda terserang ejakulasi dini, terlebih dahulu Anda perlu ketahui penyebabnya:

  1. Penyebab yang paling sering dialami yakni gangguan psikis seperti stres berkepanjangan.
  1. Kebiasaan ingin cepat selesai saat melakukan hubungan seksual.
  1. Penis yang Terlalu Sensitif

Beberapa pria memiliki penis yang terlalu sensitif terhadap rangsangan seksual dari pasangannya. Akibat rangsangan seksual yang sedikit saja sudah bisa memicu terjadinya ejakulasi.

  1. Kebiasaan Melakukan Onani

Para peneliti ilmiah dan pakar seks menyatakan 70% pria yang sering melakukan onani saat waktu remaja, maka ketika menikah mereka baru sadar bahwa mereka telah menderita ejakulasi dini.

  1. Lemahnya otot penahan ejakulasi

Anda seorang pria yang kurang baik kondisi kesehatannya atau jarang bergerak, maka otot-otot di area kemaluan yang berfungsi untuk menahan keluarnya sperma akan menjadi lemah. Hali ini akan berimbas dalam kesulitan menahan keluarnya sperma saat berhubungan seksual.

  1. Kelelahan Fisik

Badan atau tubuh Anda yang lelah akibat dari capek melakukan aktifitas atau bekerja bisa menjadi sebab ejakulasi dini. Jika ejakulasi dini terjadi secara berulang-ulang, maka hal ini yang bisa menyebabkan rasa cemas atau kekhawatiran yang dapat memperparah keadaan Anda.

  1. Kecemasan Seksual

Adanya perasaan cemas atau khawatir tidak mampu memuaskan pasangan bisa menjadi penyebab dan memperparah ejakulasi dini. Mungkin awalnya seorang pria tidak punya kecemasan seksual. Namun karena beberapa kali dia mengalami ejakulasi dini (karena kelelahan atau stres), maka timbulah kecemasan yang dapat memperparah ejakulasi dini.

  1. Karena Suatu Penyakit

Diantara penyebab ejakulasi dini adalah karena suatu penyakit yang dapat memperlemah organ reproduksi seorang pria. Penyakit Prostat dan ginjal dapat mengakibatkan ejakulasi dini.

Penyebab ejakulasi dini pada pria merupakan akibat gangguan kontrol saraf yang mengatur peristiwa ejakulasi juga diduga menjadi penyebab terjadinya ejakulasi dini. Namun, pria dengan disfungsi ereksi pada umumnya mengalami ejakulasi dini sebelumnya. Sebaliknya, pada pria dengan ejakulasi dini pada akhirnya akan mengalami disfungsi ereksi. Selain itu, kebiasaan onani juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ejakulasi dini. Jika Anda sering onani, maka tingkat sensitivitas alat vital Anda menjadi berkurang.

Jangan Sampai Anda Terkena Ejakulasi Dini, Berikut Penyebab Ejakulasi Dini yang Perlu Anda Ketahui