gejala depresiKondisi yang menyebabkan orang sangat tertekan, ketakutan, dan sering putus asa inilah yang dapat menyebabkan depresi. Selain itu, orang yang telah terkena depresi, ia akan merasa bahwa dirinya sudah tidak berarti apa-apa atau dalam kata lain telah mengalami keputusasaan yang teramat sangat. Di dalam masyarakat atau lingkungannya, ia akan menjadi sangat pendiam dan bahkan dapat bersembunyi sehingga orang lain tidak boleh tau tentang keadaan yang sebenarnya. Depresi sangat menjadi faktor penentu terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan oleh diri sendiri (bunuh diri) hal ini dapat terjadi apabila tidak ada orang lain yang peduli atau mengingatkan kepada mereka.

Tidak seorang pun menginginkan jika dirinya atau orang-orang terdekatnya terkena depresi. Mungkin depresi yang timbul dapat disebabkan adanya masalah atau tekanan dari orang-orang disekitar lingkungan. Masalah yang timbul apabila tidak segera diselesaikan maka dapat menyebabkan depresi. Biasanya orang yang terserang depresi akan mengalami gejala depresi seperti berikut ini:

Menjauhkan Diri dari Lingkungan Sekitar

Masalah atau problem yang dihadapi dan tidsak kunjung-kunjung terselesaikan akan menjadikan orang tersebut terlalu banyak tekanan dan pikiran. Mereka yang cenderung merasa sangat terbebani dengan berbagai masalah akan mejauhkan diri dari lingkungan . Kerena mereka yang sedang dalam banyak pikiran dan depresi menganggap bahwa orang lain akan menambah masalah nantinya juga.

Emosi yang Tidak Stabil

Perhatikan orang disekitar Anda dengan teliti, jangan sampai Anda terkena dampak burukya. Mengontrol emosi pada setiap orang sangat perlu, karena masalah akan datang jika Anda tidak bisa mengontrol emosi Anda. Orang yang terkena depresi akan mudah marah, naik emosinya, dan kurang peka perasaannya bila berhadapan dengan orang lain.

Merenung atau Melamun

Kebanyakan dari pasien atau penderita depresi, ia akan banyak melamun atau merenung sendirin dengan tatapan kosong. Tidk ada yang tahu apa yang sedang mereka pikirkan saat melamu. Bila hal ini terjadi pada orang terdekat Anda, segeralah untuk membujuknya agar bangkit. Dengan cara mendekatinya, cobala untuk tanyakan dengan baik-baik apa yang sedang ia pikirkan. Orang yang mudah melamun dapat menurunkan daya tahan tubuh serta fokus pada sekitar.

Kondisi Kesehatan Menurun

Dengan banyaknya pikiran atau tekanan, dapat menjadikan kondisi fisik maupun psikis Anda menurun. Mungkin nafsu makan dan semangat Anda meurun sehingga berdampak buruk pada kesehatan Anda. Ketahuilah penyebab utaman dari depresi Anda, agar tidak bertambah akut dan kesehatan Anda dapat terjaga dengan baik.

Gejala depresi memang sangat membahayakan apabila tidak segera diobati atau dicegah. Beberapa kasus yang terjadi, diantara penyebab orang bunuh diri karena terkena depresi. Mereka yang tidak tahan dengan banyaknya masalah atau tekanan (depresi) memilih untuk mengahiri hidupnya karena itu dianggap jalan terbaik. Kondisi psikologis memang sangat rentan terkena ganggua apabila Anda tidak bisa mengontrolnya. Jika orang yang Anda sayangi terkena depresi, segeralah untuk membujuknya dengan peduli terhadapa apa yang sedang ia alami. Jangan sampai mereka yang dalam keadaan depresi tidak mendapat perhatian khusus dari orang-orang disekitar.

Kepedulian dan perhatian khusus sangat dibutuhkan pada mereka yang sedang depresi. Bagi mereka, kepedulian dan rasa dihargai sanagtmenjadikan angin dan sedikit bisa mengurangi beban yang selama ini ditanggung. Jagalah perasaan setiap orang yang Anda temui, karena kita tidak tahu apakah orang tersebut rentan terkena gangguan emosi atau tidak. Dengan kita saling menjaga emosi kita, maka kedamaian dan kebahagiaan akan tercipta.

Perhatikan Gejala Depresi yang Sering Dialami Oleh Kebanyakan Orang