batu topasDi Indonesia sendiri, terdapat beberapa nama untuk menyebutkan batu topas. Ada yang menyebutnya batu daud, mirah cempaka serta ada pula yang menyebutnya batu selong. Batu topas memang sangat istimewa karena bentuknya yang sangat indah. Namun Ada satu hal yang menjadi kekurangan dalam batu topas ini. Walau batu ini termasuk salah satu jenis batu yang sangat keras dan padat, namun jika batu ini terbentur dengan sangat keras atau mengalami pergantian suhu yang sangat ekstrim, batu topas ini dapat rusak dan dapat retak. Oleh karena itu, untuk Anda yang mempunyai batu topas haruslah menjaganya benar-benar dari pergantian suhu atau benturan yang keras.

Batu topas juga merupakan batu yang sering digunakan untuk membuat sebuah perhiasan seperti kalung, liontin, gelang, dan cincin. Karena batu topas memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Tidak jarang beberapa orang rela mencarinya dengan susah payah agar mendapatkan batu topas ini. Keindahannya yang terpancar mampu membuat silau mata yang memandangnya. Dan juga bagi yang memakainya dapat membuat orang lain terpesona. Maka, tidak diragukan lagi, bahwa batu topas merupakan batu yang memilki keistimewaan yang tinggi.

Sejak jaman dahulu, orang-orang telah berasumsi bahwa batu topas ini hanya berwarna kuning. Akan tetapi terakhir di ketahui bahwa batu topas memiliki bermacam warnanya. Dari mulai cokelat (smoky topaz), merah muda, ungu serta biru. Bahkan belakangan telah ditemukan jenis batu topas yang tidak berwarna atau transparan serta mempunyai sebagian warna pada satu bagian batu (bi-color). Walau demikian, jenis batu topaz yang seringkali diburu oleh beberapa orang yaitu batu topas yang berwarna biru, merah keemasan atau jingga. Dan apabila Anda akan membeli batu topas dengan harga yang lebih murah dan terjangkau, carilah batu topas yang warnanya biru muda.

Menurut beberapa peneliti, Batu topas ini banyak ditambang di Brazil. Bahkan telah ditemukan juga disalah satu negara bagian di Brazil menjadi tempat penghasil batu topas paling banyak dan besar di dunia. Yakni terdapat di Minas Gerais. Dan telah berjalan sepanjang 300 tahun. Daerah distrik Ouro Preto di Brazil ini jadi penghasil batu topas berwarna kuning, merah muda serta orange paling besar didunia. Negara lain terkecuali Brazil merupakan salah satunya yaitu Amerika Serikat, Meksico, Rusia, Australia, Jerman, Pakistan, Srilanka, serta Myanmar. Batu yang kerap jadi buruan dan banyak digunakan sebagai cincin permata ini umumnya diketemukan tak berbentuk kristal kecil, tetapi berbentuk kristal besar yang beratnya berkilo-kilo.

Selain itu, batu topas ini telah menjadi salah satu  jenis batu yang paling keras lantaran miliki nilai kekerasan raih angka 8 berdasar pada taraf keras Mohs. Angka itu tempatkan batu topaz di urutan ke empat dari keseluruhan jenis batu-batu mulia yang lain sesudah batu intan, corundum, serta chrysoberyl. Batu topas yang berkualitas super umumnya mengeluarkan seperti kemilau yang sangatlah jelas, kristalnya juga bening, serta jika batu topas ini disentuh bakal terasa licin. Keunikan lain dari batu topas yakni, apabila Anda mencoba untuk gosok-gosok batu topas ini dengan keras, dapat mengeluarkan percikan api atau listrik statis dalam batu topas.

Sedang Mencari Batu Topas? Temukan Batu Topas Paling Unik Disini