kesehatan reproduksi“Kesehatan reproduksi wanita merupakan hal penting yang harus diwaspadai oleh semua wanita. Sebagian wanita mungkin baru menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi mereka setelah menderita suatu penyakit. Mereka bahkan menyesal karena telah melakukan beberapa kesalahan dan tidak waspada dengan organ intim mereka”.

Sebagian wanita di dunia terindikasi terkena gangguan kesehatan reproduksinya. Bahkan data yang didapatkan setiap tahunnya mengalami peningkatan dan angka kematian terhadap wanita dengan penyakit yang menyerang reproduksi wanita semakin bertambah. Sungguh ironis bila diantara oranga yang kita sayangi termasuk diantara yang terkena dampak akibat tidk menjaga kebersihan reproduksinya.

Beberapa kasus penyakit reproduksi wanita biasanya disebabkan karena kurangnya menjaga kesehatan organ intim. Dan dari beberapa kasus, bahkan telah menjadi penyakit yang kronis dan dapat menyababkan kematian. Fakta kesehatan menyebutkan, bahwa dari tahun ke tahun kanker servik telah menyerang wanita diseluruh dunia dan jumlahnya semakin bertambah. Sangat ironis tentunya kita sebagai wanita pastilah tidak mau bila terkena kanker serviks yang dapat menyebabkan kematian. Berikut adalah tips mudah menjaga kesehatan reproduksi wanita:

  • Berikan Pendidikan Tentang Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

Bila Anda memiliki anak perempuan, berikan dia pendidikan tentang perlunya menjaga kesehatan reproduksi mereka. Berikan mereka penjelasan dengan detail bagaimana merawat kesehatan organ intim dan apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam menjaga kesehatan reproduksi. Dengan memberikan bimbingan kepada buah hati Anda sejak dini mengenai kesehatan reproduksi, maka dalam jangka panjang dampaknya sangat baik.

  • Tips menjaga kesehatan reproduksi selanjutnya yakni waspadai pembersih organ intim wanita. Jangan menganggap bahwa dengan memakai pembersih atau sabun cair, kebersihan reproduksi Anda dapat terjamin. Kurangilah dalam memakai sabun cair atau produk pembersih kewanitaan Anda. Karena dalam vagina terdapat bakteri baik yang dapat melembabkan dan menjaga keasaman organ intim Anda. Sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih produk pembersih daerah kewanitaan, dan jangan terlalu sering dalam membersihkannya.

  • Apa yang harus Anda lakukan dengan celana dalam Anda?

Dalam menjaga kesehatan reproduksi, celana dalam juga berperan penting. Anda dapat memilih bahan yang adem dan lembut seperti katun agar dapat menyerap keringat di daerah vagina Anda. Selain itu, sering mengganti celana dalam dapat menghindarkan organ reproduksi dari bakteri dan kuman terutama yang dapat menyebabkan keputihan.

  • Hindari Seks bebas (free sex)

Perlu diperhatikan, bahwa mereka yang telah sering melakukan seks bebas berisiko besar terkena HIV dan juga penyakit kelamin yang dapat menyebabkan kematian. Maka, cegahlah sebelum Anda menyesal dikemudian hari karena kenikmatan yang sesaat. Lakukanlah seks hanya dengan pasangan Anda dengan cara yang sehat agar kesehatan reproduksi tetap terjaga.

  • Jagalah kebersihan di saat Menstruasi

saat Anda menstruasi, jagalah kebersihan reproduksi Anda dengan sering mengganti pembalut. Karena, bila Anda malas menggangti pembalut dapat menyebabkan tumbuhnya kuman dan bakteri yang berbahaya.

Memang, wanita adalah makhluk yang rentan dengan namanya penyakit dan gangguan bagian reproduksi. Hal sepele seperti keputihan harus menjadi perhatian yang serius, karena selain mengganggu percaya diri Anda juga dapat membahayakan jika sampai parah. Untuk itu, kita sebagai wanita jangan pernah menyepelekan kebersihan reproduksi walau sekecil apa pun itu. Dengan Anda menjaga kesehatan reproduksi, maka Anda telah menyelamatkan diri Anda dari penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita, Temukan Sekarang Disini!!!